Bojonegoro Matoh

August 23rd, 2016 by Nadya Safira

Kabupaten Bojonegoro adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.

Nah, dari sini sudah sedikit ngertikan tentang Bojonegoro ? kadang ketika aku berkenalan dengan teman-teman baru dan ditanya dari mana ya ? dan aku menjawab Bojonegoro, kebanyakan dari mereka bertanya “Bojonegoro itu mana ya ?” rasanya itu seeedddiiihhhhh, sumpahh *drama banget sih* . oke aku akan mencoba mendiskripsikan tentang Bojonegoro agar kalian semua paham anak-anak *ibu guru banget nih*

Bojonegoro adalah sebuah Kabupaten, dimana kabupaten tersebut termasuk wilayah Jawa Timur. Dimana Kabupaten tersebut menjadi salah satu Kabupaten di Indonesia yang tercatat menghasilkan minya terbesar di Indonesia. Dan di Bojonegoro sendiri memiliki ciri khas yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Keunikan-keunikan yang dimiliki Bojonegoro diantaranya Budaya, Adat dan Ciri khas :

  • Masyarakat Samin

Di Kabupaten Bojonegoro terdapat sebuah kecamatan Margomulyo yang berada di kawasa hutan. Kecamatan tersebut mempunyai 9 dusun dan diantaranya ada yang namanya Dusun Jepang.  Sebuah dusun , dimana dusun tersebut masih memegang teguh kepercayaan Samin Surosentiko, yaitu kesederhanaan, keterbukaan, keikhlasan dan selalu menjaga keseimbangan alam. Dan yang perlu di garis bawahi disini masyarakat samin bukanlah sebuah suku. tapi masyarakat samin adalah sebuah komunitas.

Dalam komunitas masyarakat ini, tidak dikenal istilah buat membantu dan bekerja sama dengan kolonial Belanda, misalnya tidak mau menolak pajak, tak bekerja sama, dan tak mau menjual apalagi memberikan hasil panen kepada penjajah Belanda. Untuk melawan penjajahan Belanda, masyarakat Samin berprinsip pada ajaran Saminisme nan di dalamnya terkandung filosofi sami-sami amin (bersama-sama). Prinsip ini dilandaasi dan dicerminkan oleh kejujuran, kebersamaan, kekuatan, dan kesederhanaan.

  • Sandur

Sandur adalah teater tradisional yang pemerannya adalah Cawik, Pethak, Balong, Tangsil, Germo. Dimana kelima anak wayang tersebut memiliki watak dan pelakonan yang tidak dapat dirubah dalam membawakan cerita apapun. Si tangsil adalah orang yang kaya , sombong. Pethak digambarkan rakyat biasa yang lugu dan selalu lebih dibandingkan dengan balong. Balong digambarkan rakyat biasa yang lugu dan selalu menjadi kalah-kalahan. Si cawik selalu digambarkan seorang perempuan yang menawan dan menjadi kembang desa. Si Germo sebagai pengatur lakon-lakon tersebut. dan ada juga panjak hore yang mendampingi jalannya cerita tersebut

 

Pada zaman dahulu dalam pementasan Sandur sangat erat dengan kekuatan magis. Namun, pada saat ini kekuatan magis sudah tidak digunakan lagi, sehingga murni dilakukan oleh manusia. Kekuatan magis ini bisa dilihat ketika para pemain menyanyikan Tolak Ala, “ Aja Haru Biru, Anak Adam Gawe Dolanan” yang bertujuan untuk meminta ijin agar tidak diganggu oleh para jin, selain itu, seperti halnya orang yang biasanya tidak bisa menari, bisa menari dengan mahir (kerasukan jin). Dalam pertunjukkan sandur pada zaman dahulu juga ditampilkan dewa-dewi yang turun dari khayangan, salah satu diantaranya adalah Dewa Surya yang dikenal sebagai Dewa Matahari dan Dewi Sri yang dikenal sebagai Dewi Padi sehingga sangat erat sekali dengan cerita Sandur yang bertemakan pertanian. Selain itu, dalam perjalanan perkembangan sandur, terdapat banyak sekali rintangan, salah satu alasannya karena Sandur sangat erat kaitannya pada pengaruh Hindu sehingga banyak sekali kecaman dari para warga yang sudah menganut agama Islam pada saat itu. Ketika para wali datang dengan membawa ajaran agama Islam, akhirnya salah satu lirik lagu yang dinyanyikan, seperti nyanyian yang asli mengundang dewa “Dewa Widodari tumuruna ing Arca pada” dan “Alahyake Ya Rasulilah” (zaman dahulu), namun sekarang sudah diganti menjadi “Laillahaillalah Ya Rasulilah” karena sudah terpengaruh dengan agama Islam. Serta dibuktikan dengan nama Nabi Adam dan Nabi Muhammad SAW disebutkan dalam lirik lagu sandur “Aja Haru Biru, Anak Adam Gawe Dolanan” dan “Laillahaillalah Ya Rasulilah”.

  • WAYANG THENGUL

Wayang Thengul sangat terkenal di Bojonegoro bahkan sudah memperoleh pengakuan nasional.Wayang Thengul di tampilkan dalam bentuk 3 dimensi biasanya serta di iringi alamat music slendro seperti reog ponorogo. Wayang Tengul jarang di tampilkan saat ini tetapi di salah satu kecamatan di daerah khususnya Kanor masih melestarikan kebudayaan tersebut sampai saat ini.

  • TARI THENGUL

Tari Thengul adalah salah satu tari khas asli Kota Bojonegoro. Tarian ini sering di gunakan untuk acara penyambutan selamat datang. Tari ini di lakukan oleh penari wanita di iringi alamat music slendro.

  • TAYUB BOJONEGORO

Tari Tayub Adalah salah satu tarian yang sangat terkenal atau terpopular di Daerah Bojonegoro. Tari ini sering disebut juga dengan Tari Sindiran. Disebut tari Sindiran karena tarian selalu melantunkan syair yang berupa sindiran sehingga menarik banyak penonton yang ingin berjoget bersama.

 

sumber : klik disini

No Responses to “Bojonegoro Matoh”

  1. REMONTgab Says: Your comment is awaiting moderation.

    Houses for rent / Video
    Houses for rent Houses for rent Find the perfect vacation rental Looking for vacation inspiration? Get the best deals and personalised recommendations, straight to your inbox (you can unsubscribe at any time). Top vacation rental destinations Check out the FlipKey blog for travel inspiration, destinations we love, insights for owners, and so much more! Trending Destinations Santa Cruz Sarasota Michigan St. John Hot Springs Kiawah Island Nantucket Lake Geneva Turks and Caicos Seattle Hamptons Charleston Breckenridge Aruba South Padre Island North Carolina Coast Kailua Savannah San Francisco Key Largo Chicago Jamaica Corpus Christi Fort Lauderdale New York City Arizona Nashville …
    The post Houses for rent / Video appeared first on Rentals.

    Trinidad-and-tobago Business

  2. IZRAELgab Says: Your comment is awaiting moderation.

    how often does credit one increase credit limit

    Skydive phoenix Sky Diving Prices in Phoenix – Arizona Skydive School
    Sky Diving Prices in Phoenix. Arizona Skydive School. Skydive phoenix Call today for jump availability We love Dogs but for safety reasons we DO NOT ALLOW PETS at the airport. We also love kids. But, if you bring Children they must be under Direct Adult Supervision at all times. Weekend Tandem Sky Diving Prices Weekend Internet Price: $299 Weekend Cash Internet Special Price: $249 Cash ($50 discount) Tandem Skydive During the Week and Save More! Weekday Internet Special: $220 ($79 Off Weekend Price) Weekday Cash Internet Special: $209 Cash (Additional $11 discount) Video and Photo Pricing RVT Video $99 with …
    The post Skydive phoenix Sky Diving Prices in Phoenix – Arizona Skydive School appeared first on Mortgages.

    Business

Leave a Reply